[Java] Tutorial JLabel

Assalamualaikum,
Hari ini saya akan share tutorial pemrograman Java. Tutorial kali ini ialah membuat Tulisan "Hello world" dengan menggukanan Komponen Visual JLabel. Sedikit penjalasan dulu ya,
JLabel merupakan salah satu komponen visual dari Java yang berfungsi hanya untuk menampilkan tulisan semata, tapi suatu saat mungkin saya ataupun pembaca bisa memanfaatkan komponen JLabel jauh lebih baik.

Ini yang saya buat.

import javax.swing.*; 
import java.awt.*; 
import java.io.*; 

class hw extends JFrame {
 JLabel lbl1=new JLabel("Hello World !"); 

 hw() {
 setTitle("Hello World !");
 setSize(200,70); 
 setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); 
 setVisible(true);
  }

 void komponenVisual() {
 getContentPane().setLayout(null); 
 getContentPane().add(lbl1);
 lbl1.setBounds(10,10,150,24);
 setVisible(true);
 }


 public static void main(String[] args) {
 hw hewo=new hw();
 hewo.komponenVisual();
 }
}

Bagian deklarasi komponen JLabel ialah pada baris berikut ini
JLabel lbl1=new JLabel("Hello World !");
Dan sedangkan untuk menampilkannya dalam bentuk komponen visual, kita harus mendeklarasikannya di objek Visual yang kita buat. Seperti misalnya saya membuat objek komponenVisual(), contoh kode pada objek komponen visualnya seperti ini :

 void komponenVisual() {
 getContentPane().setLayout(null); 
 getContentPane().add(lbl1);
 lbl1.setBounds(10,10,150,24);
 setVisible(true);
 }
Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat semuanya. Bila ada kesalahan atau kekurangan mohon di koreksi agar kita sama-sama belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar