Prinsip Gaya Gerak Listrik (GGL) Induksi

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatu

Hari ini saya akan sedikit sharing tentang pengetahuan yang saya dapat mengenai gaya gerak listrik (GGL) Induksi. GGL Induksi ini adalah salah satu bagian penting dalam pembangkitan listrik seperti yang terjadi pada generator. Generator mendapatkan energi primer sedemikian rupa kemudian terbangkitkanlah GGL Induksi. GGL Induksi itulah yang merupakan cikal-bakal terbangkitnya energi listrik pada generator.

Landasan teori yang menjelaskan tentang GGL Induksi ini ada pada Percobaan Faraday.

Digambar dapat dilihat bahwa ujung-ujung kawat kumparan dihubungkan dengan galvanometer.
Sebelumnya, galvanometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur arus atau beda potensial yang ada pada suatu sambungan seperti kabel/kawat.
Apabila batang magnet didorongkan masuk ke lubang kumparan, maka jarum galbanometer akan bergerak dan kembali diam bila kita menghentikan magnetnya atau berhenti mendorongnya. Apabila batang magnet diubah arah geraknya menjadi keluar (ditarik), jarum galvanometer juga akan bergerak sesaat dan kembali diam seperti semula bila batang magnet dihentikan menariknya.
Nah, bergeraknya jarum tersebut disebabkan oleh timbulnya gaya gerak listrik (GGL) Induksi pada kumparan.



Percobaan Faraday membuktikan bahwa pada sebuah kumparan akan dibangkitkan GGL apabila jumlah garis gaya yang diluputi oleh kumparan berubah-ubah. Hal ini dapat dilaksanakan dengan kumparan penghantar bergerak dengan jumlah garis gaya yang diliputi tetap, atau kawat penghantar diam dengan jumlah garis gaya yang diliputi bergerak.

Oleh karena itu pada prinsip kerja generator terdapat 3 hal pokok yaitu :

  1. Adanya fluks magnet yang dihasilkan kutub-kutub magnet.
  2. Adanya kawat penghantare listrik yang merupakan tempat terbentuknya GGL.
  3. Adanya gerakan relatif antara fluks magnet dengan kawat penghantar.
Arah-arah GGL Induksi, medan, dan gerak relatf dapat diingt dengan menggunakan kaidah tangan kanan. Dalam kaidah tangan kanan, kita memanfaatkan 3 jari. Yaitu ibu jari, telunjuk, dan jari tengah. Apabila ibu jari diarahkan ke arah gerakan, maka jari telunjuk akan searah medan magnet (fluks), lalu jari tengah akan searah arah arus (GGL Induksi).


Jadi itulah tadi prinsip dari GGL Induksi yang dimana berlandaskan teori dari Percobaan Faraday. Semoga bermanfaat, kurang dan lebihnya mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar